Pages

Friday, October 14, 2011

PENDIDIKAN AKUNTAN

PENDIDIKAN AKUNTAN
Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendiknas No. 179/U/2001, Gelar Akuntan hanya dapat disandang oleh seseorang melalui Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) di perguruan tinggi yang mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah mendapatkan ijin penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS No. 2981/D/T/2007. Program Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Teknologi Yogyakarta (PPA - UTY) membentuk sarjana akuntansi mengembangkan pengetahuan dan keahlian teknis di bidang akuntansi untuk menjadi Akuntan Profesional yang ahli di bidang akuntansi sehingga layak untuk meyandang gelar Akuntansi(Ak) yang terdaftar di Departemen Keuangan RI. Dengan sebutan Akuntan semakin memantapkan diri dalam meniti karier di bidang akuntansi baik sebagai akuntan publik , akuntan keuangan, akuntan manajemen, akuntan pajak, Sistem Informasi maupun Auditor Pemerintah. Sebutan Profesi akuntan (AK) merupakan persyaratan untuk mengikuti Ujian Sertifikat Akuntan Publik (USAP) yang merupakan syarat untuk menjadi akuntan publik.

PPA UTY menjadikan setiap profesional dapat mempersiapkan sejak dini dan menjalani proses pembelajaran dengan penuh kejelasan. Serta didukung oleh penyediaan fasilitas pendukung yang representatif, maupun proses pembelajaran yang mensinergikan konsep dan praktek akuntansi yang diharapkan mampu mengoptimalkan pembelajaran, sehingga lulusan PPA UTY diharapkan memiliki keahlian , kompetensi dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan profesi di bidang akuntansi.
rogram PPA diselenggarakan dengan sistem paket semester dengan jumlah 27 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu normal 2 semester. Proses perkuliahan dilakukan secara klasikal dan diskusi kelas dengan lebih menekankan pada pendekatan studi kasus. Daftar mata kuliah adalah sebagai berikut :


Matakuliah
Sks
Pelaporan dan Akuntansi Keuangan
3
Akuntansi Manajemen Dan Biaya
3
Perpajakan
3
Etika Bisnis dan Profesi
3
Praktik Audit
3
Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial
3
Pasar Modal dan Manajemen Keuangan
3
Sistem Informasi Akuntansi
3
Fraud Auditing
3

No comments:

Post a Comment